Mengembangkan Sistem Pemasaran dengan Membentuk Web Perusahaan
Sistem informasi yang dilakukan oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri pada awalnya merupakan sistem manual, yang selanjutnya berkembang dengan menggunakan komputer. Pada pertengahan tahun 2011, tepatnya bulan Juni, Perusahaan Kusuma Agro industri mengembangkan sistem pemasarannya melalui internet, dengan membentuk web perusahaan. Adanya web tersebut telah memperluas pemasaran perusahaan, karena produk perusahaan lebih dikenal di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Adanya penggunaan web tersebut juga dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan produk, yang dilihat dari adanya peningkatan kunjungan web serta pemesanan produk secara langsung. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.
Sebagaimana suatu sistem yang berkembang mengikuti perkembangan teknologi, maka ditemui beberapa kelebihan dan kelemahan. atas dasar tersebut dilakukan analisis kelebihan dan kelemahan sistem tersebut dalam menunjang strategi pemasaran perusahaan.
Analisis ini menggambarkan sistem informasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Kusuma Agro Industri. Sistem informasi pemasaran merupakan rangkaian informasi yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan pemasaran. Informasi pemasaran merupakan runtutan dari adanya promosi yang dilakukan perusahaan, komunikasi dengan konsumen, yang akhirnya menghasilkan order, penyediaan order pesanan, yang terkait dengan bagian produksi dang gudang, serta pendistribusian produk hingga ke konsumen. Sistem informasi pemasaran juga mengemukakan informasi-informasi tambahan yang diperlukan oleh perusahaan dalam meningkatkan kegiatan pemasarannya seperti informasi kondisi pasar, informasi mengenai pesaing, dan informasi perkembangan teknologi yang turut dapat mempengaruhi sistem pemasaran perusahaan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.